Selamat Datang di http://nthoeng.blogspot.com, Terima Kasih Sudah Berkunjung, Jangan Lupa Tinggalkan komentar. | Selamat Datang di http://nthoeng.blogspot.com, Terima Kasih Sudah Berkunjung, Jangan Lupa Tinggalkan komentar. |

Senin, 05 Maret 2012

Mengembalikan Tampilan Facebook Timeline/Kronologi ke Wall

Secara default dari Facebook, sebenarnya tidak ada cara untuk mengembalikan tampilan ini, yang kita lakukan adalah dengan mengganti user agent dari web browser yang kita pakai ke versi lawas. Karena proses pengiriman konten situs ke user adalah dengan mendeteksi jenis browser (nama browser; IE, FireFox, Chrome, Safari atau Opera dan versinya yang biasa di sebut user agent) melalui http heaader baru konten dikirim menurut kemampuan browser pengguna. Jadi ketika kita mengganti user agent dengan versi yang lebih lawas, Facebook tahu kalau Timeline/Kronologi tidak bisa ditampilkan dengan baik pada browser kita, sehingga mereka akan menampilkan konten versi Wall. Ok, langsung saja, berikut adalah cara untuk mengganti user agent tersebut.

1. Mengganti User Agent pada Firefox

Anda bisa menggunakan adds-on yang disebut dengan user agent switcher atau juga User Agent RG 1.0. Kedua – duanya adalah adds-on yang bisa anda gunakan untuk memungkinkan pergantian user agent ini, User Agent RG disamping lebih ringan juga tidak perlu restart saat menginstallnya.

2. Mengganti User Agent pada Google Chrome

Untuk versi Google Chrome sebelum 17 menu ini tidak tersedia. Pada Google Chrome versi 17 (beta) anda bisa mengganti user agent dengan mudah melaui setting yang sudah disediakan. Caranya tekan F12, lalu klik simbol gear warna biru di pojok kanan bawah sehingga muncul dialog setting berikut, lalu rubah settingnya seperti pada gambar berikut (Win, FF7);
Rubah Tampilan Facebook Timeline ke Wall dengan User Agent - Chrome

[Eits bentar, anda perlu membaca ini dulu sepertinya]

Seperti yang saya sampaikan pada komentar di bawah, dengan cara ini tampilan wall hanya akan muncul bagi anda, bagi orang lain sama saja. Ada baiknya anda belajar saja menggunakan timeline, sehingga tidak perlu berulang – ulang mengadakan perubahan ini jika anda berada di warnet. Baca 5 Cara Cepat Menguasai Facebook Timeline/Kronologi saja kalau anda ingin bisa cepat pinter.

4. Mengganti User Agent pada Safari/Opera

Rubah Tampilan Facebook Timeline ke Wall dengan User Agent - Safari
Pada Safari, penggantian user agent justru lebih mudah, tinggal munculkan menu bar-nya lalu pada menu Develop kita akan menemukan menu untuk mengganti User Agent tersebut. Kalau menu Develop tidak ada, anda bisa memunculkannya dengan membuka Preferences > Advanced lalu centang box “Show Develop Menu in menu bar” Untuk Opera, saya sendiri jarang memakainya karena Opera menyimpan Cache terlalu lama, penggantian user agent bisa membuka Tools > Quick Preferences > Edit Site Preferences > Network, ada pilihan paling bawah untuk mendefinisikan Opera sebagai apa.

4komentar:

IQcrash99mengatakan...

thanks om !!

kpan2 lihat blog ane ye,soalnya ane msih awam dlm blogger ..

www.spot-newz.blogspot.com

Galihmengatakan...

Okey Soob sama sama, ,Siap meluncur !!!

Tiyo Kamtiyonomengatakan...

Thanks bro, dah ngasih link rujukan ke tempatku. Meski sebenere aku lebih seneng andai dikasih tahu sebelume.

Galihmengatakan...

Hehehe, ,Maaf Soob !! Thankz Artikelnya. .

Posting Komentar

TwitterDeliciousFacebookDiggStumbleuponFavoritesMore